Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sabtu, 29 Desember 2012

Lagi: Penipuan dengan Modus Sok Akrab



sumber gambar
Lagi-lagi seseorang yang mengaku teman dekat dan setidaknya tahu tentang aktivitas yang saya lakukan mencoba menipu. Saya kira ini orang yang sama tempo hari hanya saja mengganti identitas. Namun bisa jadi orang yang berbeda karena gaya bahasa yang lebih akrab. Awalnya saya hampir percaya dengan kelihaian sang penipu. Pemilik id ym ikbalramdani53 mengaku-ngaku teman dekat lalu minta didaftarkan menjadi agen pulsa pada perusahaan yang saya jalani. Namun dengan bekal pengalaman dan kewaspadaan dalam segala aktivitas kerja, akhirnya saya tidak jadi kena tipu. Berikut obrolan kami semalam via chatting di ym (bukan chatting dengan ym ya:D) :

(06:37:55 PM) ikbalramdani53: kuamha daramng kang ? (Gimana pada sehat semua kang?)

(06:41:36 PM) kozha_chie: wew
(06:41:52 PM) kozha_chie: alhamdulillah, damang


(06:42:07 PM) ikbalramdani53: nuju naon kang ? (sibuk apa kang?)


(06:42:00 PM) kozha_chie: damel (kerja)
(06:42:11 PM) kozha_chie: jaga weungi (jaga malam)


(06:42:33 PM) ikbalramdani53: ngaganggu teu kang ? (mengganggu tidak kang?)


(06:42:42 PM) kozha_chie: teu (nggak)
(06:42:52 PM) kozha_chie: kan padamelanna ngajawab komplain (kan kerjaannya menjawab komplain)
(06:43:07 PM) kozha_chie: tlp atau ym


(06:43:25 PM) ikbalramdani53: msh kenal teu sreng abdi kang ? (masih kenal nggak sama saya?)


(06:43:21 PM) kozha_chie: teu :D
(06:43:33 PM) kozha_chie: #-o sahanya? (siapa ya?)


(06:43:35 PM) ikbalramdani53: piraku ah.. hilap deui nay kang ? (masa ah.. lupa lagi kang?)


(06:44:09 PM) kozha_chie: biasana nu kenal mah di approve
(06:44:13 PM) kozha_chie: temanan
(06:44:30 PM) kozha_chie: saha dih? (siapa sih?)


(06:44:39 PM) ikbalramdani53: sreng aang (dengan aang) jujur di sini saya sempat tertipu karena kebetulan ada teman yang namanya sama -__-


(06:44:52 PM) kozha_chie: wew


(06:45:07 PM) ikbalramdani53: malah wew


(06:45:32 PM) kozha_chie: atuh pake id saha teu kenal iyeu mah (ini pakai id siapa nggak kenal ini)


(06:45:40 PM) ikbalramdani53: ieu sreng faisal orang bogor.. (ini dengan faisal orang bogor) di sini baru saya mulai curiga. Insting nakal saya mulai bekerja :)


(06:45:57 PM) kozha_chie: >:/


(06:46:04 PM) ikbalramdani53: :)


(06:46:21 PM) kozha_chie: faisal seeur? (faisal itu banyak!)
(06:46:28 PM) kozha_chie: nu mana? (yang mana?) mode on tanya bang Rhoma dlm lagu piano "yang mana?".


(06:47:29 PM) ikbalramdani53: cba :)
(06:48:46 PM) ikbalramdani53: tbak ath ? (tebak donk)


(06:49:10 PM) kozha_chie: iyeu pa aang, nanya faisal atau kumaha jadi ceritana? (ini pa aang yang nanya faisal atau bagaimana ceritanya?) walaupun bingung saya sudah mulai sadar bahwa di sini dia coba melakukan penipuan.


(06:49:35 PM) ikbalramdani53: ieu sreng faisal,,, punetn pa aang tdk salah nyerat (ini dengan faisal, maaf pa aang barusan salah tulis)
(06:50:13 PM) ikbalramdani53: tdi salah nyerat
(06:50:52 PM) ikbalramdani53: pa aang abdi hyong icalan plsa. tiasa teu (pa aang saya ingin jualan pulsa. bisa nggak)


(06:51:45 PM) kozha_chie: parangsa faisal nu masih di reload (kirain faisal yg masih kerja di reload) kebetulan teman kerja namanya sama, takutnya dia yg sengaja iseng nanya-nanya atau hanya sekadar ngetest.
(06:52:10 PM) kozha_chie: pa aang masih jualan pulsa?


(06:52:21 PM) ikbalramdani53: muhun kang ? hyong daftarkeun anu anyar deui bos tiasa kang ? (iya kang ? mau daftarkan yang baru lagi bos bisa kang?)


(06:52:33 PM) kozha_chie: tiasa (bisa)


(06:52:48 PM) ikbalramdani53: tah no abdi na 089696218266 (ini nomer saya ..)
(06:53:56 PM) ikbalramdani53: kintun saldo 1juta.... tiasa teu (hutang saldo 1juta... bisa nggak)


(06:54:37 PM) kozha_chie: namina? (namanya?)


(06:54:58 PM) ikbalramdani53: faisal45


(06:56:42 PM) kozha_chie: alamat?


(06:56:51 PM) ikbalramdani53: bogor


(06:57:00 PM) kozha_chie: lengkap
(06:58:11 PM) kozha_chie: ?


(07:01:15 PM) ikbalramdani53: Jln Batu Tulis no 82 Balai Kambang Bogor Selatan
(07:03:34 PM) ikbalramdani53: tos di daftarin teu acan (udah didaftarkan belum)


(07:04:24 PM) kozha_chie: atos (udah)
(07:05:05 PM) kozha_chie: aya sms na? (ada smsnya?)


(07:05:13 PM) ikbalramdani53: tos aya
(07:05:18 PM) ikbalramdani53: kintun saldo 1juta (hutang saldo 1juta)


(07:05:38 PM) kozha_chie: bade ditransfer atau byr tunai? (mau ditransfer atau bayar tunai?)


(07:05:55 PM) ikbalramdani53: bade bayar langsung (bade itu mau)


(07:06:27 PM) kozha_chie: terang ka kantorkan? (terang itu tau)


(07:06:37 PM) ikbalramdani53: muhun tos trang. (iya udah tau)


(07:06:59 PM) kozha_chie: iraha bade ka kantorna? (kapan mau ke kantornya?)


(07:07:23 PM) ikbalramdani53: dinten ahad (hari ahad)


(07:07:53 PM) kozha_chie: mangga, diantosan atuh (silakan, ditunggu kalau begitu)


(07:09:30 PM) ikbalramdani53: kintun heula saldo na ? lumaha tiasa teu ? (hutang dulu saldonya ? gimana bisa nggak?)


(07:10:00 PM) kozha_chie: punten, teu tiasa :) (maaf, nggak bisa)


(07:10:08 PM) ikbalramdani53: kunaon akng / (kenapa kang /)


(07:11:18 PM) kozha_chie: kan teu tiasa (kan nggak bisa)


(07:11:43 PM) ikbalramdani53: kirimin sms center


(07:12:16 PM) kozha_chie: AS : 085228888870
XL : 087832222208
IM3 : 081517043944
axis : 083899343261
YM trxx : yasmintrx, trxyasmin, trx.yasmin, y4smin_trx, yasmin_trx
(07:14:47 PM) kozha_chie: upami tos aya pembayaran (tunai atawa transfer bank) saldo tuluy ditambihkeun (kalau udah ada pembayaran (tunai atau transfer bank) saldo langsung ditambahkan)


(08:00:17 PM) ikbalramdani53: kumaha tiasa teu ? (gimana bisa nggak ?)

(08:01:07 PM) kozha_chie: punten teu tiasa :) (maaf, nggak bisa)


(08:01:34 PM) ikbalramdani53: ah,,,, meuni kt bapa mah ? (ah,,, begitu amat )


(08:01:44 PM) kozha_chie: kan sesuai prosedur


(08:02:20 PM) ikbalramdani53: usahakeun ath kang ? ari anu cket tiasa (usahakan dong kang ? kalo yang dekat bisa)


(08:02:22 PM) kozha_chie: anu caket saha? (yang dekat siapa?)


(08:03:08 PM) ikbalramdani53: anu tos bergabung sreng anjeun panginetn eta ge (yang udah bergabung dengan anda, yang saya inget itu juga)


(08:03:36 PM) kozha_chie: saha coba, sebatkeun? (siapa coba, sebutkan?)
(08:03:55 PM) kozha_chie: mun aya mah (kalo ada)


(08:03:59 PM) ikbalramdani53: nyaduka nami na ? tos lami da (kurang tau namanya ? udah lama)


(08:04:35 PM) kozha_chie: upami tos lami, nu anyar mah teu tiasa. Kitu weh (klo udah lama, yang baru udah ga bisa. Gitu aja)
(08:05:28 PM) kozha_chie: upami serius bade icalan pulsa, mangga diantos nembe tabuh 10 di kantor, bade? (klo serius mau jualan pulsa, silakan ditunggu sampai jam 10 malam di kantor)
(08:05:38 PM) kozha_chie: setor tunai
(08:06:34 PM) kozha_chie: upami kelanjutanna bade kintun heula kan tiasa di carioskeun sasarengan (klo selanjutnya mau pinjam dulu bisa dibicarakan bersama)
(08:11:09 PM) kozha_chie: punten, abdi bade kaluar sakedap milarian tuang (permisi, saya mau keluar sebentar nyari makanan)
(08:12:02 PM) kozha_chie: patuangan teh tos masihan sinyak #kuruwuk-kuruwuk (perut ini udah ngasih sinyal ...)


Pesan saya singkat aja: kejahatan tidak selalu terjadi karena ada niat pelakunya. Tetapi juga karena ada kesempatan.. Waspadalah.. Waspadalah... (nyambung nggak sih?)

0 komentar:

 

Free Music