Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Jumat, 09 November 2012

Penipuan Versi 2

 
Baru kemarin saya membicarakan tentang penipuan berkedok deposit pulsa. Seseorang yang ngaku-ngaku sebagai member sebuah Server Pulsa Elektrik mengonfirmasi sudah transfer sejumlah uang. Ia minta ditambahkan sebagai deposit pulsa (tabungan pulsa yang nantinya bisa ditukar menjadi pulsa biasa seperti pulsa telepon, sms, internet dll.). Maka dengan terpaksa isu yang kemarin itu saya angkat kembali. Hanya selang satu hari saja, sang pelaku sudah berani manampakan dirinya kembali.

Emang sih nggak jelas siapa orang dibalik akun ym w.pipik ini, maklum aja komunikasi via dumay alias dunia maya sudah semakin canggih, tanpa perlu menampakan wajah asli yang mungkin pas-pasan, Anda masih bisa tetap berkomunikasi via YM misalnya. Masih bisa eksis walaupun sebenarnya dompet lagi kritis, kan nggak keliatan ini. Dengan bermodalkan sebuah akun di jejaring sosial facebook atau twitter misalnya, dengan memasang foto profil yang agak 'unyu-unyu' dijamin, ratusan followers atau bahkan ribuan pertemanan mengantri untuk dikonfirmasi. Alhasil, semuanya bisa langsung mengetahui apa yang sedang terjadi pada diri kita. Hanya dengan meng-update status di akun facebook atau twitter kita masing-masing.

Pengiriman pesan secara kilat, dengan singkat akan langsung diterima walaupun terpisah jarak yang sangat jauh. Dengan kecanggihan tekhnologi, informasi yang didapat seseorang sudah semakin personal. Informasi yang desebar kini hanya ditujukan untuk individu seorang. Mendapat berita dari twitter atau facebook masih lebih cepat informasinya ketimbang kita menonton televisi, apalagi membaca koran. Sebagai contoh misalkan, saat kasus penangkapan terduga teroris -kebetulan dekat dengan tempat tinggal saya- salah satunya di desa barengkok kec. Lwliang. Hanya selang beberapa menit berita itu sudah menyebar lewat BBM. Lengkap dengan gambar si terduga. Atau anjloknya kereta api di sekitar Bojonggede. Hanya hitungan menit saya bisa mengetahuinya dari update status teman yang saat itu sedang berada dalam TKP.

Pemanfaatan fasilitas di dunia maya dengan baik akan sangat menguntungkan. Bagi pebisnis tentu ini akan mempengaruhi omzet penjualan karena bisa dijadikan sebagai alat mempromosikan produk-produk yang dijualnya. Tentu hal ini akan sangat menghemat biaya promosi dan jangkauannya pun tidak terbatas dibandingkan jika mempromosikan di dunia nyata. Karena akan sangat terikat dengan masalah waktu, tenaga dan pikiran. Tentunya dengan pemanfaatan tekhnologi yang semakin canggih, biaya pemasaran pun bisa ditekan. Ok, itu sekilas tentang dunia maya, sekarang kita bahas lagi nih soal penipuan di atas jangan ngelantur kejauhan ah, biar konsisten sama judul gitu.

Seperti yang saya ceritakan dalam postingan sebelumnya, saudara w.pipik kembali muncul. Hanya saja menggunakan nama yang berbeda pada akun ym-nya. Ia menggunakan nama akun sanjaya_riza@ymail.com kali ini. Sebagai Customer Service, saya bertindak se-profesional mungkin, saya coba ladenin aja nih orang sebisanya, semampu saya. Lumayan buat hiburan yang kebetulan memang saat itu keadaan sepi dan tidak terlalu sibuk. Semua pertanyaan yang dia lontarkan saya jawab seperti biasanya sebagaimana para member lainnya. Andai saja saat itu keadaan sangat sibuk, jangan harap orang-orang semacam ini saya ladenin. An annoying.

double klik untuk melihat gambar lebih besar

Percobaan penipuan yang bisa dibilang terlalu polos, kaku dan membosankan -__-. Saya sih kurang tau apakah orang tersebut masih dalam tahap pembelajaran ataukah memang suka bolos pas ada pelatihan penipuan (lha, udah kayak sekolah aja). Maklum aja, saudara -w.pipik- terlihat sangat tidak profesional dan masih harus banyak belajar. Masih sangat lugu (saya tau setelah berbincang-bincang langsung dengannya via telepon). Kalo ente (w.pipik) membaca tulisan ini, pesan saya singkat. Segeralah bertobat! Mudah-mudahan diberikan hidayah sama Allah. Ini akan jadi kebiasaan buruk lho sampai tua nanti. Jangan jadikan kebiasan. Udah tinggalin aja aktivitas yang nggak berbobot ini. Hari gini masih aja nipu orang.

akhir percakapan, saya udah mulai males ngeladenin

Semoga kita terbebas dari berbagai macam gangguan orang-orang usil dan tidak bertanggungjawab seperti ini. Tetaplah waspada dalam setiap kondisi. Selalu melakukan cek & ricek (tabayyun) sebelum mengambil tindakan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Salam hangat selalu. Semoga berkah – berlimpah. ^_^

0 komentar:

 

Free Music