Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sabtu, 27 Oktober 2012

Manfaatkanlah Waktu Libur

-->

Masih dalam moment Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Idul Qurban (walaupun saya lebih senang menyebutnya Lebaran Haji). Moment-nya jatuh pada hari jumat, 10 Dzulhijah 1433 H bertepatan dengan 26 Oktober 2012. Hari jumat... ya jumat. Ini lah yang menjadikan Idul Adha tahun ini cukup spesial, lha kenapa? Pertama hari jumat yang merupakan rajanya hari dan waktu yang pas untuk menyantuni orang fakir dan miskin. Moment Idul Adha yang jatuh pada hari jumat ini pas banget dengan hari yang penuh berkahkan? Saat yang tepat sekali untuk kita berqurban, memberi pada yang membutuhkan.


Kedua, jika 10 Dzulhijah jatuh pada hari jumat, maka wukuf di Arafah jatuh pada hari kamis (9 dzulhijah). Kaum muslim disunnahkan untuk berpuasa arafah, yakni puasa yang disunnahkan ketika seluruh jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Berbagai hadist pun menyebutkan tentang betapa besarnya puasa ini, maka sebagai kaum Muslimin rugi banget deh kalo harus melewatkan ibadah puasa ini. Bagi teman-teman yang melakukan puasa arafah, juga bisa diniatkan puasa sunnah hari kamis. Insya Allah mendapatkan berkah yang berlipat nantinya.

Ketiga, di luar keutamaan hari jumat ini, sebenarnya saya juga ingin membahas tentang nasib para pekerja. Tentu sudah lumrah dimana hari-hari besar keagamaan maupun nasional yang itu tanggal merah menjadi hari libur nasional. Ada baiknya dengan moment liburan ini kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin adalah perkara yang harus diutamakan dalam hidup ini. Suksesnya seseorang bisa dilihat dari bagaimana ia bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Seorang pengusaha dengan hartanya justru ia bisa membeli waktu untuk hidupnya. Kapan Ia harus bekerja, kapan ia harus liburan dan kapan ia harus istirahat di rumah. Semuanya bisa ia atur sendiri.

Bagi seorang pekerja, terpaksa ia harus mengikuti apa yang sudah dijadwalkan untuknya bekerja. Misalkan pada hari libur saat ini, kebanyakan semua kantor libur, entah itu libur yang ditetapkan pihak management kantor atau memang sengaja 'meliburkan' diri. Banyak alasannya, ya tanggunglah ini hari sabtu, besok kan minggu, udah libur lagi. Udah deh sekalian aja libuuuuur panjaaaang dari jumat sampai minggu. Oh enaknya.....

Hanya saja tidak semua bisa seperti itu. Bagi seorang pekerja di pusat perbelanjaan misalkan, justru hari libur adalah hari paling ramai dikunjungi orang. Mereka yang sedang berlibur sebagiannya akan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk pergi shopping, bagi yang punya uang tentunya. Trus yang kere, ya paling hanya menikmati jalan-jalannya saja. Melihat-lihat produk yang dijajakan, nanya-nanya harga, pas ditanya 'mau beli yang mana mas?' oh, nggak saya cuma lewat saja mbak. Si mbaknya cuma cemberut sambil geleng-geleng kepala liat konsumen kayak gini *Kabur...

Usaha yang saya lakoni saat ini juga (operator server pulsa) menuntut kerja maksimal. Dari segi kerja kita tidak berpatokan pada tanggal merah atau hari libur nasional. Tidak sama sekali. Saat orang-orang kantoran libur, kami dengan senyum sumringah yang khas harus ikhlas masuk kerja di hari libur guna memberikan pelayan kepada para konsumen.

Itulah perbedaan yang mesti bin kudu kami toleransi. Insya Allah apapun pekerjaannya, yang penting halal dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar yang menyayangi kita. ^_^

0 komentar:

 

Free Music