Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Rabu, 19 September 2012

Tips Agar tetap Ingat

Pernah suatu ketika saat membutuhkan suatu barang, saya lupa pernah menaruhnya dimana. Ya. Itu salah satu kebiasaan buruk saya yang suka menaruh apapun tidak pada tempatnya. Alih-alih ingin segera menggunakan barang tersebut, Eh, justru malah buang-buang waktu hanya untuk sekadar mencari dimana barang tersebut saya simpan.


Menarik ketika saya mencoba mencari di berbagai situs, saya mendapatkan fakta bahwa manusia rata-rata akan melupakan 90% informasi setelah 30 hari, dan sebagian besarnya justru hilang dalam beberapa jam pertama. Ternyata manusia memang tempatnya salah dan lupa. Mesti banyak-banyak istighfar.

Tapi bukan berarti kita langsung terpuruk dalam permasalahan tadi. Lantas tidak berusaha sebaik mungkin merubah keadaan tadi menjadi lebih baik. Jika tadinya kita sering menaruh barang disembarang tempat atau teledor, kan bisa mulai menaruhya di tempat yang semestinya. Atau kalau perlu membuat klasifikasi khusus untuk barang barang tertentu. Misalkan; untuk barang-barang yang dibutuhkan dalam perkuliahan atau sekolah, kita membuatkan rak khusus untuk menyimpannya. Kumpulan buku-buka dalam satu lemari utuh. Dan dalam lemari tersebut juga kita rinci, mana buku pelajaran dan mana buku bacaan biasa. Tentu dengan begitu akan lebih mudah kita mendapatkan barang yang kita inginkan. Lebih cepat menemukan barang yang kita butuhkan

Untuk lebih jelasnya, di bawah sini ada tips dan trik menarik dari Mas Felix Xiauw agar menguatkan ingatan akan sesuatu. Tips ini bisa dipakai oleh kalangan mahasiswa atau pelajar. Yang lagi coba menghafal Al-Qur'an juga bisa coba, pengemban dakwah yang mau menyampaikan materinya ataupun yang cuma iseng-iseng aja baca.

1. Buatlah ringkasan dari informasi menarik apapun yang kita dapatkan hari ini, bisa di catatan, diary, terserah. Asal jangan di buku orang lain aja.

2. Memori yang kita kenang karena emosi akan jauh lebih lama tertanam daripada yang biasa. Misal: Anda tentu masih mengingat ada dimana Anda ketika tanggal 11 September 2001, ya kan :D
Jadi buatlah ikatan emosi, sesuatu yang kita pikir sangat penting biasanya melibatkan emosi.

3. Yang paling penting, ulangi informasi apa yang ingin kita ingat dalam waktu 30 detik sejak kita mendapatkannya, mau lewat perkataan, ataupun dimasukkan dalam pembicaraan, atau cara apapun.
Semakin banyak kita mengulang, semakin bagus. Beri jeda untuk setiap pengulangan. Jadi, lebih baik Anda mengulang satu informasi untuk diingat 10x dalam 1 hari daripada 10x dalam 1 menit. Ulangi untuk mengingat, dan ingat untuk mengulangi.

4. Tidur. Yup, tidur mengkonsolidasi memori seperti udara mengeraskan semen. Maka kalo lagi buntu, tidur sejenak deh, karena ketika tidur otak kita justru bekerja lebih keras untuk memecahkan masalah atau mengingat informasi. Asal jangan kebanyakan tidur, cacingan tau.

5. Jangan terlalu memasukkan terlalu banyak informasi, selesai :D

0 komentar:

 

Free Music