Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Senin, 13 Agustus 2012

Buka Shaum Bersama Bareng LDS

Acara pembuka, dilanjut penyampaian materi pertama
Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Rabbnya." (HR Bukhari-Muslim)

Sebuah kehormatan bagi saya bisa ikut menghadiri acara buka puasa bersama Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) Hizbut Tahrir Indonesia wilayah Lwliang. Acara yang digelar pada ahad, 12 Agustus 2012 pkl. 14.00-17.45 di Masjid al-Awwabien Cibatok I cukup meriah. Dihadiri hampir 100 pelajar sekolah maupun remaja masjid sekitar kecamatan Cibungbulang, Pamijahan dan lwliang. Tak ketinggalan hadir pula beberapa sekolah yang berada di wilayah Ciampea.


Semua peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Hingga ada peserta yang sudah datang dari pukul 13.00. Melihat semangat para peserta, panitia pun berusaha memberikan yang terbaik pada acara tersebut. Acara dikemas dalam bentuk Training Motivasi dengan slide-slide power point yang menarik. Penayangan gambar dan film-film motivasi menambah daya tarik tersendiri.

"Buka bersama LDS HTI merupakan acara puncak dari serangkaian acara yang digelar secara maraton selama bulan ramadhan." papar Muhammad Fahmi selaku ketua panitia. Ia menambahkan dari awal teman-teman LDS HTI Lwliang sudah berkeliling dari masjid ke masjid untuk melakukan kegiatan serupa.

"Sebelum ramadhan sudah kita petakan masjid-masjid mana saja yang akan kita akses dan sekaligus membuat acara di sana. Alhamdulillah responnya sangat bagus dan kami mengundang mereka ke acara puncak sekaligus untuk buka puasa bersama di Masjid al-Awwabien ini." tambah lelaki yang akrab disapa Fahmi ini.

Materi pertama disampaikan oleh Kang Kosasih, Pemerhati Masalah Remaja mulai pukul 14.00 hingga menjelang ashar. Acara dikemas dalam bentuk Training Motivasi dengan slide-slide power point yang cukup menarik. Penayangan gambar dan film-film motivasi menambah daya tarik tersendiri. Peserta sangat antusias saat diminta menuliskan target-target apa yang ingin diraih selama bulan Ramadhan.

Diskusi kelompok
Tak sedikit para peserta yang ingin membacakan target-target tersebut serta harapan yang ingin diraih setelah bulan Ramadhan. Ingin puasa pool, melaksanakan shalat terawihnya serta khatam membaca al-Quran di bulan Ramadhan ini merupakan harapan hampir semua peserta. Ada juga yang  meyebutkan mimpi-mimpi besarnya setelah ramadhan berupa ingin menjadi siswa terbaik disekolahnya, melanjutkan kuliah menjadi dosen dan pengusaha. Ya Allah, semua doa dan harapan mereka. Amin

Ba'da ashar panitia mempersilakan pada Ust. H. Afwan Syu'bie selaku Ketua DKM Masjid Agung al-Awwabien untuk menyampakan materinya. Semua peserta menyimak tausiyah beliau yang membahas masalah tauhid dan dorongan pada remaja untuk memperjuangkan Islam. Banyak pesan-pesan agama yang didapat dari beliau.

Setelah itu para panitia membagi peserta sesuai dengan wilayah tempat tinggal masing-masing. Panitia memberikan sebuah pertanyaan untuk didiskusikan. Tentu bagi kelompok yang jawabannya terbaik akan mendapatkan doorprize. Sebuah pertanyaan tentang "Kenapa banyak para remaja yang malas untuk ngaji?" pun dilayangkan pada para peserta. 15 menit mereka diberikan waktu untuk berdiskusi hingga sampai pada tiap-tiap perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi mereka.

Kelompok terbaik pun terpilih. Kang Maman selaku pembina LDS HTI menyerahkan bingkisan pada kelompok yang dinilai paling menarik. "Alhamdulillah semua jawabannya bagus dan terbaik, oleh karenanya saya mencari jawaban yang paling unik." sambutannya sebelum menyerahkan bingkisan pada kelompok yang menang.

Peserta memaparkan hasil diskusi kelompok
Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba. Waktu yang dinanti-nanti oleh jutaan umat Muslim yang sedang menjalankan shaum di siang hari. Alhamdulillah adzan maghrib berkumandang. Panitia sudah menyiapkan ta'jil untuk para peserta di area bagian depan Masjid.Semua berbaris rapi, melingkar menunggu panitia membagikan menu berbuka. Dan...

Allahu akbar... Allahu akbar...
Allahu akbar... Allahu akbar...

Alhamdulillah, sang muadzin telah mengumandangkan adzan maghrib. Saatnya berbuka! Para peserta langsung menyantap makanan yang disediakan. Begitu indah kebersamaan ini. Nikmatnya orang yang berbuka puasa tidak akan pernah tergantikan oleh apapun.

Mudah-mudahan segala amal ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah Swt. Apapun yang kita lakukan itu semata-mata hanya untuk mendapatkan ridha-Nya.

0 komentar:

 

Free Music