Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Senin, 16 Juli 2012

Pengulangan


 
Bukan kerasnya pukulan yang membuat batu itu pecah, tetapi karena seringnya pukulan mendarat di batu itu (Anonim).”

Malam ahad kemarin (14/7) saya dan teman-teman Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) IPB mengadakan Mabit di salah satu Masjid di Kandang Sapi Soeharto (KANSAS) yang terletak di Kawasan Peternakan Sapi Perah Ds. Situ Udik Kec. Pamijahan, Kab. Bogor (Kaki Gunung Salak).


Sebelumnya memang sudah kami persiapkan tempat menginap di STAIT Sahid, hanya saja ada beberapa birokrasi yang membuat kami memutuskan lebih baik mencari tempat lain. Alhamdulillah, Kami memilih tempat di Kansas karena memang mempunyai kenalan baik di sana, H. Rozikin namanya, yang mudah2n dimuliakan Allah. (mohon maaf apabila kami tidak pamit sama Bapak saat pulang, kami hanya titip salam pada marbot masjid ^:)^

Saat pengalaman teman-teman Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) mengadakan Mabit di tempat yang sama, mereka tidak diperkenankan untuk tidur di dalam Masjid. Oleh karenanya, dipersiapkanlah tenda untuk persiapan tidur. Begitu juga dengan kami (Mahasiswa) juga menyiapkan hal yang sama. Namun berhubung Masjid tersebut akan dipakai pengajian maka acara kami dialihkan ke mushola yang terletak di depan lapangan sepak bola. Dan di mushola kami perbolehkan tidur di dalamnya. Alhamdulillah.

Setelah shalat isya, materi pertama dibawakan oleh Kang Ricky Stiawan Kartaatmadja. Materi Habit (kebiasaan) disampaikannya dengan sangat jelas tentang bagaimana pentingnya membentuk habit yang baik. Habit akan terbentuk dengan dua hal; latihan (practice) dan pengulangan (repetition).

------

Sebuah pembahasan yang sama dalam web pribadinya. Jamil Azzaini juga membahas perihal repetition. Sebagian orang mengatakan, “Tidak kreatif, pekerjaan kok diulang-ulang.” Anda setuju dengan pernyataan itu? Saya tidak setuju. Allah swt saja memerintahkan kita melakukan pekerjaan yang diulang-ulang. Sholat 5 waktu wajib dikerjakan sejak kita akil balig hingga meninggal dunia. Gerakan dan caranya sama, tidak berubah sepanjang masa.

Para atlet kelas dunia melakukan pengulangan dalam berlatih. Para profesional juga melakukan pengulangan pekerjaan sehingga ia benar-benar menjadi ahli atau expert di bidang yang ia tekuni. Pengulangan menjadikan otak bawah sadar Anda memerintahkan secara otamatis seluruh indra Anda untuk bekerja seperti biasanya.

Pengulangan terbaik adalah pengulangan yang disertai pemaknaan dalam setiap gerakan Anda. Apabila Anda seorang atlet, ketahui dan pahamilah setiap gerakan Anda. Apabila Anda seorang trainer ketahuilah ilmu dan seni bicara, agar seluruh tubuh Anda mampu bicara tidak hanya mulut Anda.

Begitupula dalam beribadah, Anda harus melakukan pengulangan dengan berusaha memahami makna dan hakikatnya. Dengan cara ini, Anda akan semakin memahami bahwa ibadah Anda bukan hanya kewajiban dan rutinitas tetapi menjadi kebutuhan dalam hidup Anda.

Pukulan ke batu dengan disertai ilmu pasti akan lebih cepat pecahnya ketimbang asal pukul. Hal-hal berulang yang Anda lakukan disertai dengan ilmu di dalamnya pasti berdampak lebih hebat di dalam kehidupan Anda. Pertanyaan saya, hal apakah yang akan terus menerus Anda lakukan berulang-ulang sehingga Anda mahir di bidang itu? Ayo jawab!

0 komentar:

 

Free Music