Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Selasa, 10 Juli 2012

Galaunya Para Operator



Setelah sukses membuat resah dan gelisah para pengusaha server (terutama operator yg melayani komplain) dalam memberikan SMS gratis ke operator lain. Kini dampaknya juga mulai dirasakan para member yang tergabung dalam usaha jual-beli pulsa elektrik tsb. Karena sistem sms gratis ini sudah ditutup berdasarkan keputusan pemerintah.

Saat ini, server pulsa Yasminreload Semangat (YRS) juga sedang kebingungan mencari alternatif sender dalam pelaporan trx para membernya. Jika dulu cukup menggunakan Operator XL dengan mendaftarkan paket sms unlimited berbayar Rp.25.000/bln. Kini XL hanya memberikan paket 5000 sms berbayar Rp. 50.000/3bln.

Perlu diketahui bersama bahwa, YRS membutuhkan sekitar 8000 sms dlm sehari sbg laporan atas trx+komplain para membernya. Belum lagi ditanbah dg par member yg rese' alias nggak sabaran. Mereka sekali komplain mengirim 20-50 sms (tolong ya.. nanti lebih manusiawi dlm ber-komplain, gini-gini oparator juga manusia :D). Otomatis server akan membalas dg jawaban salah format/kode dsb. Sehingga sms yg dibutuhkan bisa mencapai 10.000 sms/hari. Jadi harga yang dibutuhkan untuk biaya sms sender mencapai Rp. 100.000/hari (Rp. 3Jt/bln hanya untuk sender saja).

Jika dg XL kita mendapat 5000 sms maka akan ada penggantian 2 chip/kartu XL dlm sehari. Belum lagi chip tsb. baru bisa digunakan kembali setelah 3 bln :p Sehingga total chip yg dibutuhkan ada 180 kartu XL/3bln hanya untuk sender :(

Untungnya ada sedikit bantuan dari operator Indosat. Kabarnya Doi memang masih menyediakan 1000 sms gratis ke nomer Indosat dari jam 00.00-17.00. :) Dengan mengirim 2 sms maka otomatis akan dapat 1000 sms. Ga apa2lah. Bersyukur aja, pasalnya banyak juga para member yg ternyata eh ternyata menggunakan nomer Indosat sbg hp transaksi.
Sekadar informasi aja untuk para member, terkait banyak laporan trx yang lambat itu dikarenakan salah satu sender sudah limit dalam proses mengirimkan sms. Sehingga sms jadi pending bahkan tidak terkirim. Misal seperti di gambar dg menggunakan operator indosat (limit 1000 sms). Sang operator server harus cekatan mengganti chip sender tsb. dan menggantinya dengan yg baru jika tidak ingin antrian kirim menumpuk bahkan dikomplain oleh para member :)

0 komentar:

 

Free Music