Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Rabu, 02 November 2011

Gagal itu Indah

Tidak usah berteriak "Hah?!" membaca judul tulisan ini, atau berpikiran kalau saya hanya berusaha menghibur. Tidak begitu. Saya juga tidak meminta kamu untuk menghilangkan kesedihan atau perih, ketika kamu mengalami kegagalan. Tidak diterima di sekolah favorit, atau universitas, ulanganmu 'kebakaran', dan seabrek-abrek kegagalan lainnya. Perasaan sedih dan menangis, itu adalah fitrah manusia. Allah karuniakan itu kepada kita sebagai sebuah cara untuk melepaskan beban hidup. Tidak apa-apa kita menangis.


Perasaan 'sakit' dan sedih ketika gagal juga menjadi sebuah tanda kepada kita bahwa kita adalah remaja yang normal, yang menginginkan keberhasilan dan kebahagiaan. Ketika itu tidak tercapai kita pun terluka, sedih dan menangis. Berarti kita masih ingin mencapai keinginan kita. Bukankah itu bagus.

Banyak orang yang salah bersikap ketika menghadapi kegagalan. Mereka kemudian malah melepas segala usaha dan impian mereka. Tanpa mau mengulanginya lagi dan mempelajari kesalahannya. Mereka berhenti. Malah ada yang berhenti dari bercita-cita karena takut gagal dan tidak tahan menanggung kesedihan. Ketika SMU saya memiliki seorang kawan, kakak kelas yang tidak naik dan akhirnya satu kelas dengan saya. Ia menjadi minder dan nyaris hilang kepercayaan dirinya. Waktu itu saya hanya bisa bilang, "Jangan putus asa, yang penting usaha, belajar saja apa yang kita bisa, Allah membalas usaha kita, bukan hasilnya." Alhamdulillah, kami lulus bersama-sama. Terakhir saya dengar ia sudah bekerja di satu institusi pemerintah.

"Tidak ada kegagalan.. Yang ada adalah orang yang berhenti mencoba.." begitulah sebuah kalimat yang menjadi status saya di jejaring sosial Facebook beberapa waktu lalu. Bayangkan, kalau setiap orang yang gagal begitu saja melepas cita-cita mereka, melupakan mimpi-mimpi yang pernah mereka rancang, pastinya dunia akan jauh dari kemajuan. Kita lihat beberapa frofil tokoh yang berdaya juang lebih. Sebelum menemukan elemen radium, penelitian Marie Curie gagal sebanyak 48 kali. “Sesungguhnya perlu 100 tahun lagi untuk menemukan elemen ini, dan selama saya masih hidup saya tidak akan menghentikan penyelidikan ini”.


Walter Elias Disney, (dilahirkan pada 5 Desember 1901 di Chicago, lebih dikenal dg Walt Disney) mengajukan proposal “Disneyland” kepada bank-bank di Amerika Serikat ia ditolak sebanyak 302 kali.

Sylvester Stallone. Untuk memasarkan Rocky (sebuah film yang menceritakan sosok petinju legendaris dunia). dia ditolak 1855 kali.

Kita lihat Thomas Alfa Edison dalam proses menciptakan bola lampu gagal 9.999 kali. "Aku tidak gagal, aku berhasil membuktikan bahwa 9.999 jenis bahan mentah itu tidak bisa dipakai. Aku akan meneruskan percobaan ini sampai menemukan bahan yang cocok." tegasnya

William Henry Gates III atau yg akrab disapa Bill Gates penemu perangkat lunak microsoft (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955) dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007). Padahal doi ga lulus kuliah lho karena di Drop Out (DO) di Universitas Harvard. Berawal dr sebuah mimpi besar di mana ia ingin setiap rumah mempunyai komputer dg OS Windows yang dibuatnya. Ia mulai bekerja keras hingga ia hanya tidur 8 jam dlm seminggu saat ia mengembanggkan windows hingga yang saat ini kita gunakan.


Bahkan Rasulullah saw. saja berdakwah selama 13 tahun di Mekkah dan hanya punya 70 pengikut. Bahkan di Thaif beliau mengalami pengusiran dan pelemparan batu.hingga menyebabkan kaki dan giginya terluka.

Simak juga kisah beliau yang tidak pernah menyerah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Hal ini telah dibuktikan, salah satunya pada peristiwa Perang Badar. Jumat pagi, 17 Ramadhan 2 H, pasukan Muslim berhadapan dengan pasukan Quraisy. Pertempuran itu begitu penting. RasululLah SAW. sendiri yang memimpin pasukan Muslim. Namun saat beliau melihat pasukannya hanya berjumlah 313 orang, sementara Quraisy 1000 orang lebih, disamping perlengkapan perang yang sangat minim dibandingkan dengan perlengkapan Quraisy, Beliau pun kembali ke kemahnya ditemani Abu Bakar as Shiddiq ra. Sungguh pilu jiwanya membayangkan nasib yang akan menimpa umat ini sekiranya kaum Muslim tidak dapat meraih kemenangan.

RasululLah SAW. segera mengadapkan wajahnya ke kiblat. Dengan seluruh jiwa dan pikirannya, manusia pilihan ini memohon kepada Allah SWT. Beliau hanyut dalam doa dengan mengatakan: "Allahumma, ya Allah. Ini Quraisy sekarang datang dengan segala kecongkakannya berusaha hendak mendustakan Rasul-Mu. Allahumma, ya Allah, andaikan saja pasukan kecil ini binasa hari ini maka tidak ada lagi yang akan menyembah-Mu setelah hari ini...

So, jangan lepas cita-cita dan keinginanmu. Kegagalan itu indah. Kegagalan itu adalah tantangan yang harus ditaklukkan, bukan sekedar ditangisi. Tanpa kegagalan dan kesalahan, kita tidak tahu bagaimana caranya menjadi orang benar dan berhasil. Masih tidak percaya? Mari kita lihat; misalkan kamu gagal mendapatkan nilai memuaskan waktu ulangan fisika dan harus mengikuti remedial, maka inilah langkah yang seharusnya kamu lakukan;


Kamu akan mempelajari lagi soal ulangannya.
Kamu akan melengkapi lagi catatanmu untuk bahan remedial.
Jalan menuju ke roma itu banyak



Kegagalan adalah sesuatu yang bisa kita hindari dengan; tidak
mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa dan tidak menjadi
apa-apa. (Denis Waitley)


Tirto Utomo, bos Aqua.. Siapa yg tak mengenal merek air minum dalam kemasan itu, padahal sebelumnya banyak para pengusaha yang menertawakannya. Bagaimana mungkin "jualan air" bisa laku dan menjadi bisnis besar. Tapi lihat sekarang, MIMPInya terwujud, bahkan org mau aja beli Aqua meski harga seliternya hampir sama dg bensin premium...

Kolonel Sanders memulai usahanya ketika dia berumur 60 tahun, dan mulai meraih sukses yang menyeluruh dalam usaha KFC. Hal utama bukanlah usia, apakah terlalu tua atau terlalu muda, melainkan keinginan untuk terus bermimpi, dan keberanian untuk menyadarinya.

Tom Watson, pendiri IBM, tahu persis akan nilai sebuah kesalahan. Suatu saat, seorang pegawainya membuat kesalahan besar yang merugikan IBM senilai jutaan dollar. Sang pegawai yang dipanggil ke kantor Watson, berkata "Anda pasti menghendaki
saya mengundurkan diri." Jawab Watson, "Anda pasti bercanda.
Saya baru saja menghabiskan 10 juta dollar untuk mendidik
anda..."


Orang yang berbakat sukses, akan belajar dari apapun yang terjadi, termasuk kesalahan. Bila anda membuat sebuah kesalahan, hal yang terbaik adalah mengumpulkan kembali keping-keping yang terserak, dan memperhatikan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Jangan menangisi kesalahan. Periksa dan pelajari kesalahan. Selanjutnya manfaatkan pengetahuan baru anda itu.


Orang-orang yang gagal dibagi menjadi dua; yaitu mereka yang berpikir gagal padahal tidak pernah melakukannya, dan mereka
yang melakukan kegagalan dan tak pernah memikirkannya.
(John Charles Salak)


Tulisan ini saya temukan di file PC teman. Beberapa kalimat saya tambahkan berdasarkan sumber lain maupun status-status teman di situs jejaring sosial.

0 komentar:

 

Free Music