Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Kamis, 10 Maret 2011

Mengenal Pubertas


Rasanya nggak ada salahnya jika teman-teman semua mengenal masa-masa ini. Bahkan mungkin sangat perlu, karena emang berkaitan dengan kehidupan kita sendiri. Nah, dalam perkembangan fisik dan jiwa manusia, para pakar psikologi mengenalkan istilah "masa pubertas" atau puber. Omong-omong, pada usia berapa sih remaja mengalami pubertas?


Menurut para ahli perkembangan jiwa, usia remaja mengalami pubertas adalah pada usia 14-16 tahun. Masa ini disebut juga "masa remaja awal", dimana perkembangan fisik mereka begitu menonjol. Remaja akan merasa cemas akan perkembangan fisiknya, sekaligus bangga bahwa hal itu menunjukan bahwa ia memang bukan anak-anak lagi. Catet, bukan anak-anak lagi, lho..

Pada masa ini, emosi remaja menjadi sangat labil akibat dari perkembangan hormon-hormon seksualnya yang begitu pesat. Keinginan seksual juga mulai kuat muncul pada masa ini. Pada remaja wanita ditandai dengan datangnya menstruasi yang pertama, sedangkan pada remaja pria ditandai dengan datangnya mimpi basah yang pertama.

Remaja akan merasa bingung dan malu akan hal ini, sehingga orang tua harus mendampinginya serta memberikan pengertian yang baik dan benar tentang seksualitas. Jika hal ini gagal ditangani dengan baik, maka perkembangan psikis mereka, khususnya dalam hal pengenalan diri/gender dan seksualitasnyaakan terganggu. Kasus-kasus gay dan lesbi banyak diawali dengan gagalnya perkembangan remaja pada tahap ini.

Di samping itu, remaja mulai mengerti tentang gengsi, penampilan, dan daya tarik seksual. karena kebingungan mereka ditambah labilnya emosi akibat pengaruh perkembangan seksualitasnya, remaja sukar diselami perasaannya. Kadang mereka bersikap kasar, kadang lembut. Kadang suka melamun (kayak orang cacingan) dan lain waktu dia begitu ceria. Perasaan sosial remaja di masa ini semakin kuat, dan mereka bergabung dengan kelompok yang disukainya dan membuat peraturan-peraturan dengan pikirannya sendiri. Itu sebabnya, cenderung semau gue.

0 komentar:

 

Free Music