Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Selasa, 17 Agustus 2010

Berkah Ramadhan

Syukur Alhamdulillah kita selaku kaum Muslim masih bisa menjalankan ibadah shaum dibulan yang suci ini. Dimana pada sepuluh hari awal bulannya adalah rahmat, sepuluh hari pertengahannya berupa ampunan dan sepuluh hari terakhirnya adalah pembebasan api neraka. Tentu ini akan didapat oleh mereka yang melaksanakan shaum dengan hanya mengharapkan Ridha Allah SWT. yang ketujuh sejak diposting-nya tulisan ini. Berbagai macam acara pun dilakukan guna menambah amalan di bulan yang suci ini seperti ceramah di Masjid-Masjid, kultum, seminar hingga sanlat ramadhan. Lantunan ayat suci Al-Qur'an pun menggema di berbagai Masjid dan Mushala.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah (syahr al-Mubarok). Allah melimpahkan begitu banyak kenikmatan di bukan ini, dimana kenikmatan tersebut hampir tidak pernah dirasakan di hari-hari yang lain. Banyak kaum Muslim yang mungkin jarang makan kolak di hari-hari biasa, bahkan hampir tidak pernah. Tetapi jajanan ini tersedia di hampir sepanjang jalan, terutama tempat-tempat yang biasa dijadikan orang-beristirahat saat di jalan seperti Masjid, Mushala dan tempat tongkrongan lainnya yang banyak digunakan orang untuk menunggu waktu berbuka.



Begitu juga, tidak semua orang bisa menikmati es buah, sirup atau minuman dingin lainnya di hari-hari biasa. Bahkan hal itu hampir tidak pernah terpikirkan karena dianggap sesuatu yang istimewa atau terbatas hanya kalangan tertentu saja.

Tapi di bulan ramadhan, menu-menu ini selalu hadir menemani saat berbuka puasa (walaupun tidak semua). Seolah tidak lengkap apabila berbuka tanpa kedua makanan tadi sebagai pelepas rasa lapar setelah seharian menahan lapar dan haus.

Sungguh ini adalah berkah yang diberikan Allah kepada para hambanya. Terutama hal ini akan sangat dirasakan oleh mereka yang mengerjakan amalan-amalan yang diperintahkan Allah selama bulan ramadhan. Tentu mereka yang mengerjakan shaum pada siang harinya dan melaksanakan shalat terawih pada malam harinya. Karena kebahagiaan yang dirasakan oleh orang yang berpuasa adalah saat ia berbuka dan bertemu dengan Allah di syurga.

0 komentar:

 

Free Music